pada bulan januari lalu si cebong(panggilan CB150R penulis) ada masalah soal kelistrikan, aki selalu tekor diagnosa awal karena lampu depan yang memakan sumber listrik dari aki terlalu besar, heran padahal watt lampu bawaan pabrik dengan watt lampu yang belum lama di ganti sama sama 65watt, tak di pikirin lagi langsung browsing cari cari aki yang cocok dengan kebutuhan kelistrikan si cebong, di dapat aki yang cukup familiar yang bentuk nya warna kuning dengan watt dan dimensi ukuran nya cocok dengan tempat aki di cebong saya, setelah ganti semua nya normal kembali
tapi muncul masalah lain lagi ketika si cebong mau di ajak jalan lumayan jauh, baru separuh jalan motor jalan nya ndut ndutan seperti bensin habis tetep di paksa belum jauh jalan cebong malah mati total waduhhh...coba selidikin sendiri cek sekring aman coba puter kunci ke ON, normal juga, inget pernah baca di grup pesbuk seputar masalah cb150r periksa soket spull dan ternyata bener spul gosong, ngakalin dengan cabut soket nya dan sambung lagi dan ternyata cebong bisa idup lagi
alhamdullilahh singkat cerita sampai tujuan coba cari solusi di grup soal masalah soket gosong langsung sambung di sambung dengan terminal listrik, dalam hati berpikir, "benerin nya nanti saja ahh pas di jakarta toh cebong masih bisa di pake jalan"
pulang ke jakarta dengan kondisi memaksakan soket yang gosong, sampai jakarta gosong nya makin parah yang awal nya cuman di 1 kabel kuning jadi 3 kabel kuning gosong semua langsung coba saran sambung langsung pake terminal listrik hasil nya sama aja, kalau jalan dengan kondisi lampu utama di hidup kan mesin langsung mau mati malah terkadang langsung mati seperti aki yang tekor kemarin.
terminal listrik yang di pake |
muncul diagnosa baru "kaya nya bukan karena soket gosong" tanya ke beberapa penghuni grup ada yang bikin penulis jadi pusing harus nyiapi dana lagi "spul nya gosong itu mas, coba periksa spul dulu" wahh harus beli spull yang harga nya cukup lumayan dong sekitar 450ribu, coba hubungin ke salah satu penyedia sparepart cebong langganan di konfimasi barang yang di tanya ada harga nya 480ribu sekalian pasang jadi 500 ribu,
janjian ketemu di rumah sang penjual, bongkar cebong bener saja 2 lilitan di spul gosong malah ada lilitan lain yang keliatan mau ikutan gosong juga.
gosong |
tanya ke pelaku eksekusi cebong "bisa gosong gini kenapa yah mas?"
dengan bahasa yang susah susah gampang buat di mengerti eksekutor ngomong "ini kan ampere nya tinggi, nah kalau ampere nya tinggi kan di sini panas, jadi gosong" sambil nunjuk spull yang gosong.
langsung tarik kesimpulan dan analisa yang di maksud, owghhh jadi begitu, aliran listrik dari spul harus nya lari ke aki jadi terputus karena soket gosong jadi bikin spull panas dan akhir nya gosong
Entah bener atau tidak tohh penulis tidak terlalu paham dunia kelistrikan motor tulisan tersebut cuman sekedar analisan orang awam yang berdasarkan pengalaman saja ko.
Jadi sdkit tahu tentang bgian motor gan, biasanya makek aja. hehehe
ReplyDeletesama aja saya juga ga terlalu banyak tau :D
DeleteSekedar berbagi
ReplyDeleteJanuari kmarin sy jg gnti statorcomp/spul karena soket kebakar n diatasi dgn smbung lgsung imbasnya spul yg kena, kbakar.
Ganti statorcomp/spul, krena spul ori maka soket spul ori jg. Dsini tmbul msalah kronis, hehe... krena soket ori dri spul d smbung dgn soket pasaran yg buat kbel body. Hasilnya 2 minggu kbakar lg, pas d pake pd jrak tmpuh 40km.
Gnti soket n skun yg buat mobil, 3 minggu kbakar lg saat d gunkan lbih dri 1 jam kurang dri 2 jam.
Saat itu penggantian soket n spul d bngkel resmi HONDA dgn peralatan standar HONDA.
Saat ini soket hasil kanibal onderdil tp ori, g tau soket apa. D ganti d bngkel dkat rmah, krena saat kbakar yg terakhir CB g bsa d pke jauh. Soket n skun knibal sdah sebulan d psang n q coba buat jlan lbih dri 400km jg pmkaian terus mnerus lbih dri 2 jam, hasilnya soket spul aman.
Monggo d coba soket n skun second/kanibal tp hrus orisinil pabrik, krna yg pasaran skunnya terlalu tpis. Perhatikan kbel yg msuk k soket jg, klo pada saat msin idup n kbel terasa cpet pnas berarti pemasangan kabel k skun atau sambungan skun blum pas.
Itu pengalaman kronis penyakit CB150R sy. Moga ada msukan yg lbih baik.
Sekedar berbagi
ReplyDeleteJanuari kmarin sy jg gnti statorcomp/spul karena soket kebakar n diatasi dgn smbung lgsung imbasnya spul yg kena, kbakar.
Ganti statorcomp/spul, krena spul ori maka soket spul ori jg. Dsini tmbul msalah kronis, hehe... krena soket ori dri spul d smbung dgn soket pasaran yg buat kbel body. Hasilnya 2 minggu kbakar lg, pas d pake pd jrak tmpuh 40km.
Gnti soket n skun yg buat mobil, 3 minggu kbakar lg saat d gunkan lbih dri 1 jam kurang dri 2 jam.
Saat itu penggantian soket n spul d bngkel resmi HONDA dgn peralatan standar HONDA.
Saat ini soket hasil kanibal onderdil tp ori, g tau soket apa. D ganti d bngkel dkat rmah, krena saat kbakar yg terakhir CB g bsa d pke jauh. Soket n skun knibal sdah sebulan d psang n q coba buat jlan lbih dri 400km jg pmkaian terus mnerus lbih dri 2 jam, hasilnya soket spul aman.
Monggo d coba soket n skun second/kanibal tp hrus orisinil pabrik, krna yg pasaran skunnya terlalu tpis. Perhatikan kbel yg msuk k soket jg, klo pada saat msin idup n kbel terasa cpet pnas berarti pemasangan kabel k skun atau sambungan skun blum pas.
Itu pengalaman kronis penyakit CB150R sy. Moga ada msukan yg lbih baik.
Dmna gantinya mas?? Lg cari soket nya mas
DeleteCari soket+skun di pasar onderdil mobil bekas aja.
Deletepermisi gan saya mau nanya ,saya br bgt ganti aki, pas setelah diganti dgn aki baru tiba2 aki saya ky soak, di stater g kuat terus saya coba jln agak jauh dr pondok cabe ke ciladak tiba2 motor saya mati total kelistrikan jg hilang sama sekali , setelah nunggu 15 hidup cuma brebet g lm motor langsung mati kelistrikan hilang lg itu apa nya hrs diganti gan?? monggo di jwb
ReplyDeletepermisi gan saya mau nanya ,saya br bgt ganti aki, pas setelah diganti dgn aki baru tiba2 aki saya ky soak, di stater g kuat terus saya coba jln agak jauh dr pondok cabe ke ciladak tiba2 motor saya mati total kelistrikan jg hilang sama sekali , setelah nunggu 15 hidup cuma brebet g lm motor langsung mati kelistrikan hilang lg itu apa nya hrs diganti gan?? monggo di jwb
ReplyDeleteKwwkw senasib om rpm tinggi ndut ndutan
ReplyDeleteSama senasib...ganti spul & aki cuma bisa sesaat....aki langsung tekor...kumat lagi...soket spul kebakar...soket kiprok juga kebakar...ampun dah...sejutaaaa...ludes..
ReplyDeleteKok masalah cb 150 r..sama yah..? Yang ane juga serupa
ReplyDeleteHonda gmn neh..?
Kok masalah cb 150 r..sama yah..? Yang ane juga serupa
ReplyDeleteHonda gmn neh..?
Karna kena air tu,
ReplyDeleteSama seperti yang saya alami juga kemarin.saya pikir aki tekor.menurut teman saya itu penyebabnya kiproknya lemah.untung belum bli kiprok baru.pas di cek di honda siliwangi depok.tes nya memakai lampu bohlam kecil.ternyata ada dua kabel dari empat kabel yang lampu bohlamnya redup menyalah.pas di bongkar ternyata dua gulungan spul gosong.namun soketnya aman tidak ada ke gosongan.
ReplyDeleteSama aja penyakit nya berarti cb1CB1
ReplyDeletesangat informatif dan membantu, Pinjaman KTA Mandiri Hingga 200 Juta cek juga nih.
ReplyDeleteNih motor gue baru abis ganti aki 2hari yg lalu skrg mogok. Di on ga ada yg nyala di MID dan spidometer nya.. tekor aki... Kemungkinan emang pengisian yg bermasalah. Mahal juga ya 400rb . Ga ada yg murah apa spull nya???
ReplyDeletemasalah yg sma,mesti ganti spull ni,kasian siMOLOK
ReplyDelete2 hari yg lalu saya jg habis ganti sepul..waktu gas kenceng2nya tiba tiba mogok langsung menuju bengkel ahass..mekanik ahas kasih vonis ganti sepul socket dan swit stater mahar 615.000 lumayan lemes dengernya...
ReplyDeleteKenapa ya kelemahan motor Honda cb150 r itu ada nya di soket sepui itu motor cb saya mati gara gara soket kebakar dan aki baru saya tekor apakah aki baru say masih bisa di pakai lagi atau kah harus di cas lagi y
ReplyDeleteHONDA MOTOR INDONESIA sangat buruk dalam memproduksi motor HONDA CB150R sering terjadi masalah mulai dari soket spul hangus sampi tangki bensin mudah masuk air. Honda sangat buruk!!!!
ReplyDeleteSarua pisan
ReplyDeleteSama mas punya ane pun gt spul kiprok sama swit starter nya kena tp gua g nyesel bli t motor lagian kenanya udah 7 thun pemakaian baru kena ,joss lah walaupun sekali sakit ya lumayan sobek kantong heheheheheheh
ReplyDeletesaya 2x ganti spul CB150R dalam dua tahun kurang
ReplyDeletesenasib para suhu..kemarin saya ketipu sama bengkel cina.motor saya macet balancer.eh ngerambat ke sepul jalan trs ke ecu.total abis 2 jt + pasang.langsung ane meriang..hehehe.pas di bawa pulang dapet seminggu saya masalah lagi gak bisa lasam.di cek di bengkel temen.pas mau di reset ecu gak kebaca.trs saya pasang ecu lama ke motor adik kebetulan sama cb150r old.eh ternyata nyala gak ada masalah.trs sekarang si cebong saya ngelumbuk kaya serbet dapur😢.mau tak bawa ke deler honda blm ada dana.nasib nasib.sengsara punya cebong.gajih sebulan ludes sama cebong
ReplyDeleteWah sampeyan beli cb di indo trus perbaikin ke cina ya wah wah
ReplyDeleteSama saya dlm waktu 2 THN 3 kali ganti spul para suhu.
ReplyDeletegua baru 3 bulan ganti spul, gejalanya kambuh lagi. kalo ganti spul lagi total udah 3x ganti spul. produk gagal sih ini
DeleteSama gan .. W pas gnti kirain aki tekor cb 150r 2014 dah 3 x bengkel ampe thun 2020 tmbhn per lgi nh gak kopling dah mw putus busett nh cb bkin kntong jebol harga mahal krna spart part susah ktanya rata2 dibngkel spare part nya susah aseem bnerr nh mtr
ReplyDelete